• Posted by : Andre-San Mar 17, 2014

    Kemarin saya sudah post tentang Macam-macam Jaringan dan Pengertiannya.
    Dan sekarang kita akan membahas tentang Perbedaaan WLAN dengan LAN.
    Kita sudah sering mendengar kata "LAN" dan "WLAN" dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi kadang kita kurang memahami apa arti dari kata "LAN" dan "WLAN" tersebut. Oleh karena itu, di sini saya akan coba menjelaskan pengertian masing-masing dari LAN dan WLAN tersebut.


    LAN ( Local Area Network )

    Local Area Network atau LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah yang kecil seperti di dalam gedung atau kampus. Pemanfaatan LAN pada jaringan komputer membuat kita saling bertukar data atau penggunaan alat secara bersamaan.
    Adapun komponen-komponen dasar dalam membangun LAN :
    1. WorkStation, Workstation biasa di sebut juga sebagai host dalam suatu sistem.
    2. Server, Komputer utama yang menghubungan ke beberapa komputer lainnya.
    3. Kabel LAN.
    4. Network Interface Card ( NIC ).
    5. Software Jaringan.
    WLAN ( Wireless Local Area Network )
    Adalah Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel tapi menggunakan sinyal radio, sehingga pengguna tidak bergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan pengguna untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan yang menggunakan kabel.

    PERBEDAAN UMUM LAN DAN WLAN :
    • Konfigurasi.
    Untuk LAN biasanya untuk menghubungkan minimal 2 komputer kita membutuhkan kabel LAN untuk setiap komputer yang sudah terpasang LAN card. Pada WLAN syarat untuk menghubungkan komputer atau laptop harus terpasang Wireless Lan.
    • Mobilitas
    Untuk LAN mungkin ini adalah kekurangannya karena aspek jarak yang harus berdekatan, meskipun bisa kita harus menambah panjang kabel dan ingat semakin jauh jarak client sinyal akan mengalami penurunan mengingat bahan kabel dan sinyal yang mengalami distorsi yang semakin besar apabila semakin jauh jarak client.
    • Performa / Kecepatan
    Untuk LAN saat ini telah disediakan pilihan kecepatan dari speed 10Mbps, fast ethernet speed 100Mbps, dan GigaByte ethernet yang mencapai 1000Mbps. Jika dibandingkan dengan WLAN, kecepatan WLAN jauh lebih kecil di bandingkan kecepatan LAN.
    Referensi : 
    - valamsyah97.blogspot.com

    0 comments

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Andre-San Blog Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan